- Suara Demokrasi
Tahapan dan Langkah-langkah Pelaksanaan Kegiatan P-5 Di SMAN 1 Jombang
Tema : Suara Demokrasi
Topik : Pemilihan Ketua OSIS
- Tahapan dan Alokasi waktu
No |
Tahapan |
JP |
1 |
Membuat Mandala
Pentingnya partisipasi individu dalam proses pengambilan keputusan bersama dan diskusi tentang pentingnya partisipasi individu dalam proses pengambilan keputusan bersama. |
4 |
2 |
Wacana Setara
Dengan melakukan simulasi menciptakan keadaan tidak setara pada peserta didik, peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi ketidaksetaraan yang terjadi dalam kegiatan seni tersebut, dan peserta didik memahami ketidaksetaraan yang masih terjadi di kehidupan nyata |
6 |
3 |
Bermain Peran “Jalan Privelese”
Teori inklusi sosial dan pengenalan dengan keragaman individu dan peran individu dalam demokrasi (kelompok marginal dan rentan) |
8 |
4 |
Presentasi dan Diskusi kritis: Anak muda sebagai Kelompok Rentan dalam
demokrasi
Peserta didik mempresentasikan hasil riset mandiri tentang kelompok marginal dan kelompok rentan di Indonesia. |
8 |
5 |
Pembicara Tamu
Anak Muda sebagai Kelompok Rentan dalam Demokrasi dan Pentingnya Berkontribusi dalam Pemilihan Umum (Kelompok Rentan Golput). |
8 |
6 |
Gaya Penggunaan Media Sosial Dalam Mengekspresikan Pendapat
Bagaimana Mengekspresikan Suara Kita sebagai Proses Demokrasi. |
12 |
7 |
Gallery Walk
Menampilkan hasil riset dan menyusun pertanyaan untuk narasumber, guru menganalisa refleksi gaya berinternet peserta didik dan memberikan informasi tersebut kepada narasumber. |
12 |
8 |
Pengumpulan Dokumentasi Pembelajaran (Portfolio)
Peserta didik mengumpulkan lembar kerja, dan berkas pendukung lainnya (sketsa, draft diskusi kelompok, foto kegiatan, lembar refleksi, dan sebagainya) untuk disusun secara sistematis berdasarkan urutan waktu pembelajaran, ke dalam map secara individual. |
12 |
9 |
Pembicara Tamu
Diskusi dengan pembicara tamu untuk mengetahui lebih dalam tentang peran teknologi dalam demokrasi. |
12 |
10 |
Rumah Pintar Pemilu
Kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu untuk mengenal proses pemilu sebagai sarana demokrasi. |
12 |
11 |
Perencanaan Pemilihan Ketua OSIS
Perencanaan persiapan untuk pemungutan suara untuk pemilihan ketua OSIS |
6 |
12 |
Perencanaan Pemungutan Suara Untuk Pemilihan Ketua OSIS
Peserta didik mempersiapkan seluruh perencanaan yang sudah dibuat pada aktivitas sebelumnya, peserta didik membuat seluruh alat yang dibutuhkan untuk simulasi pemilu. |
6 |
13 |
Pemungutan suara untuk pemilihan ketua OSIS
Simulasi pemilihan ketua OSIS |
8 |
14 |
Evaluasi Simulasi pemungutan suara untuk pemilihan ketua OSIS
Proses evaluasi dari kegiatan simulasi pemilihan Ketua OSIS guna mengumpulkan dan mengolah data dari hasil umpan balik yang diterima selama proses simulasi. |
4 |
15 |
Persiapan Pameran
Peserta didik bersama dengan pihak sekolah merancang proses pameran. |
8 |
16 |
Pameran dan Formative Assessment
Pameran dilaksanakan guna mengenalkan sistem demokrasi dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah sekaligus dilakukan penilaian formatif. |
8 |
17 |
Ikrar Pelajar Menyuarakan Demokrasi
Ikrar untuk berkontribusi dalam proses demokrasi secara aktif dengan cara yang baik dan positif. |
6 |
18 |
Refleksi dan Summative Assessment
Refleksi individual terhadap keseluruhan proses pembelajaran, ditutup dengan asesmen sumatif. |
4 |
Jumlah JP |
144 |
-
Kearifan Lokal
Tahapan dan Langkah-langkah Pelaksanaan Kegiatan P-5 Di SMAN 1 Jombang
Tema : Kearifan Lokal
Topik : Besut Main Ludruk
- Tahapan dan Alokasi waktu
No |
Tahapan |
JP |
1 |
Berkenalan dengan Kearifan Lokal Jombang |
6 |
2 |
Menelusur Potensi Diri |
6 |
3 |
Mengenal Besut dan Ludruk |
24 |
4 |
Persiapan Pertunjukan |
24 |
5 |
Lestarikan Besutan (Persiapan Aksi, Simulasi Aksi) |
72 |
6 |
Asesmen Sumatif, Evaluasi Aksi, Refleksi, Cerita Perjalanan Aksiku |
12 |
|
|
|
|
|
|
Jumlah JP |
144 |
-
Gaya Hidup Berkelanjutan
Tahapan dan Langkah-langkah Pelaksanaan Kegiatan P-5 Di SMAN 1 Jombang
Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan
Topik : Jejak Karbon, Jejak Kita di Bumi
- Tahapan dan Alokasi waktu
No |
Tahapan |
JP |
1 |
Pengenalan terhadap perubahan iklim, realitas dan miskonsepsinya |
6 |
2 |
Pengenalan terhadap gaas efek rumah kaca : baik atau buruk? |
3 |
3 |
Pengenalan terhadap jejak karbon (carbon footprint) |
3 |
4 |
Sumber-sumber jejak karbon |
3 |
5 |
Sebab-akibat yang dihasilkan jejak larbon |
3 |
6 |
Melihat perubahan iklim di lingkungan sekitar dari video disertasi diskusi |
3 |
7 |
Melihat indonesia sebagai kontributor jejak karbon dari video disertai diskusi dan penulisan intisari video |
3 |
8 |
Penjelasan variasi jenis sumber penyumbang jumlah jejak negatif beserta alternatifnya |
2 |
|
Asesmen formatif penulisan esai rangkuman kegiatan 1-7 |
4 |
9 |
Menghitung jumlah jejak karbon pribadi |
4 |
10 |
Mengelompokkan dan riset mengenaj jejak karbon diri sendiri |
3 |
11 |
Mengumpulkan hasil hitungan jejak karbon 1 kelas |
2 |
12 |
Membuat hasil riset dalam bentuk poster (asesmen formatif) |
11 |
13 |
Penilaian poster jejak karbon (asesmen formatif) |
4 |
14 |
Membuat kuesioner tentang jejak karbon |
14 |
15 |
Pembagian kuesioner pada warga sekolah |
4 |
16 |
Pengumpulan hasil wawancara: kontributor umum&paling banyak. Presentasi setiap siswa dalam kelompok |
6 |
17 |
Riset mengenai solusi pengurangan jumlah karbon yang telah dijalankan kelompok atau institusi tertentu |
6 |
18 |
Solusi cara mengurangi carbon footprint |
3 |
19 |
Asesmen sumatif: kampanye mengurangi jumlah jejak karbon |
21 |
20 |
Evaluasi akhir peserta didik dan kerja kelompok |
36 |
Jumlah JP |
144 |