Sebuah forum pendidikan yang menginspirasi dan mendorong inovasi dalam proses pembelajaran menggelar workshop penting yang mengangkat tema “Diferensiasi Kurikulum Merdeka”. Acara ini dihadiri oleh kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Jombang.
Workshop yang diadakan di Villa Radisa Hill, Pacet Mojokerto ini menghadirkan Dr. Sispurwo Julianto, M.Pd., seorang ahli pendidikan yang telah berkontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran yang inklusif dan berpusat pada peserta didik.
Dr. Sispurwo Julianto, M.Pd. membuka workshop dengan menggarisbawahi pentingnya diferensiasi kurikulum merdeka dalam mendukung beragam kebutuhan belajar siswa. Dalam arahannya, beliau menekankan pentingnya pendekatan yang mempertimbangkan keberagaman individu siswa, dan bagaimana kurikulum merdeka dapat diadaptasi untuk mendukung kebutuhan belajar mereka.
Workshop ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk berpartisipasi dalam sesi diskusi kelompok, simulasi pembelajaran, dan berbagi pengalaman terkait penerapan konsep diferensiasi kurikulum merdeka di sekolah masing-masing.
Menurut Dr. Sispurwo Julianto, M.Pd., “Diferensiasi kurikulum merdeka tidak hanya mengenai adaptasi, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang inklusif di mana setiap siswa dihormati atas keunikan mereka. Ini merupakan langkah penting dalam mendukung pendidikan yang merata dan berkelanjutan.”
Workshop yang berlangsung selama dua hari ini berakhir dengan kesimpulan bahwa diferensiasi kurikulum merdeka bukanlah sekadar konsep, tetapi sebuah panggilan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, responsif, dan berpusat pada kebutuhan siswa.
Acara ini menyisakan inspirasi bagi para pendidik untuk terus berinovasi dan beradaptasi dalam menyajikan pengalaman belajar yang lebih baik dan menyenangkan bagi para siswa di SMA Negeri 1 Jombang. Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam mendukung perubahan pendidikan yang dinamis dan adaptif, sesuai dengan tuntutan zaman yang terus berubah. Acara seperti ini menjadi tonggak penting dalam menginspirasi para pendidik untuk terus berkembang dan beradaptasi demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.